Suami Sholeh, harta yang paling berharga buat Istri

Buat seorang wanita, harta yang paling berharga didalam hidup ini adalah seorang suami yang sholeh. Kepadanyalah, seorang istri akan merasakan kebahagian didalam hidupnya dan diakhirat kelak, keberuntunganlah yang akan diterima seorang istri, jika dia mempercayakan hidupnya, memberikan segala cinta, perhatian, dan kasih sayangnya kepada suami yang sholeh. Karena didirinyalah, seorang istri akan mendapatkan apa yang didambanya: Ketenangan, keteduhan, kedamaian, perlindungan dan cinta serta sayang.

Suami yang sholeh adalah seorang yang bisa membahagiakan istri dan anaknya, serta keluarganya baik di dunia ini ataupun di akhirat kelak. Seorang suami yang sholeh tidak akan memberi makan istri dan anak-anaknya kecuali dengan harta yang halal.

Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu menjaga amanah yang diberikan kepadanya. Dan istri adalah amanah yang diberikan kepada seorang laki-laki yang menjadi suaminya.

Suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu memperlakukan istri dan anaknya dengan sifat-sifat yang terpuji, seorang suami yang sholeh akan selalu memperlakukan istrinya dengan sabar, sabar dengan setiap kesalahan-kesalahan istrinya, dan memperlakukan istrinya dengan kelembuatan dan penuh maaf saat istri dipenuhi dengan emosi dan kemarahan.

Suami yang sholeh adalah suami yang mampu menjadi pemimpin didalam rumah tangganya. Seorang suami bagaikan pemerintah didalam rumah tangganya, seorang suami yang sholeh adalah yang mampu memperhatikan hak dan kepentingan rakyatnya didalam pemerintahan yang dipimpinnya, dalam hal ini adalah istrinya.

Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu bersikap bijaksana didalam tindakannya, menghargai pendapat istrinya, dan jika terjadi perbedaan pendapat dengan istrinya, dengan sikap terpuji dan penuh cinta kasih menghargai pendapat sang istri, serta mencari titik temu bersama dalam kerangka yang diperintahkan oleh alloh dan mejauhi segala yang dilarang oleh alloh.

Seorang suami yang sholeh akan selalu mampu menjadi teladan terpuji buat istri dan anak-anaknya. Mampu menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik, dan mendidik diri, istri, dan anak-anaknya untuk menapaki jalan-jalan yang menuju keridloan Alloh.

Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu membuat dirinya, istrinya dan anak-anaknya mencintai ilmu, menguasai ilmu dan mampu mengamalkannya, menjadikan ilmu yang diperolehnya itu bermanfaat bagi bangsa, negara, dan agamanya.

Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang mampu membuat istrinya dan anak-anaknya tumbuh, dan berkembang menjadi pribadi yang luar biasa serta menapaki tangga-tangga sukses di dunia ini dan akhirat kelak.

Seorang suami yang sholeh adalah seorang suami yang akan selalu menjaga istri dan anaknya dari api neraka.

About these ads

75 pemikiran pada “Suami Sholeh, harta yang paling berharga buat Istri

  1. saya setuju dengap apa yang mba lovie tulis diatas. jadi suami yang baik adalah suami yang care, responsible dan leader. memang tulisan diatas cukup ideal setidaknya dimata saya.
    namun, idealitas tersebut kerap tak berjalan pada tataran praktek, sehingga tidak heran jika kita mendengar dan melihat berita tentang bagaimana kekerasan terjadi dalam rumah tangga. yang satu mendominai yang lain.
    jadi mengesankan ada pihak yang kuat dan pihak yang lemah. bisa dikatakan bahwa suami dikesankan lebih kuat dari istri. dan orang tua lebih kuat dari anak-anaknya. orang-orang yang punya otoritas dalam keluarga inilah, terkadang bersikap authoritarian.
    saya pikir, sikap egalitarer dalam keluarga perlu dibangun. si anak tidak merasa takut untuk mengekspresikan dirinya kepada orang tuanya, karena orang tuanya sangat menghargai perbedaan dan kritik. saya pikir, sikap terbuka dan sikap mau negosiasi inilah yang perlu dibangun baik suami dan istri maupun orang tua dan anak-anaknya.
    saya pikir itu saja. thanks dah berkunjung ke situs saya.
    ahmad. tki di saudi arabia

    • Saya setuju dengan tulisan diatas, jika bisa menjalani hal- hal yang tersebut diatas, insya Allah keluarga yang dibina menjadi keluarga yang bahagia, keluarga yang sakinah mawadah wa rohmah.

      Tetapi sulit untuk menjalani keseluruhan yang tersebut diatas, seringkali berbenturan dengan sifat istri yang membuat suami jadi lupa untuk menjadi suami yang sholeh.

      Memang tidak ada kata terlambat untuk belajar, marilah kita para suami belajar dan terus belajar untuk menjadi suami yang diidamkan para istri kita, suami yang sholeh. Amin…

  2. Terima kasih juga sudah berkunjung,
    Setiap laki-laki bisa menjadi suami yang sholeh, kuncinya ada pada kemauan, usaha, dan doa. Asal mau berusaha, dan berdoa, insya Alloh suami sholeh bukan sekedar impian. Insya alloh didunia ini akan dipenuhi suami-suami yang sholeh. Buat semua laki-laki di dunia ini selamat berjuang menjadi suami sholeh dan tetap semangat !

    • Kemauan, usaha dan doa, kunci yang dapat mengantarkan kita menjadi seorang suami yang sholeh. Saya setuju dengan hal itu, walaupun terkadang susah dalam prakteknya.
      Terima kasih atas artikelnya, semoga mendapat balasan dari Allah.

  3. InsyaAllah..

    kuncinya mungkin adalah kesabaran dan keikhlasan dari kedua pihak..

    ^^ semoga saya bisa menjadi suami yang sholeh dan berjodoh dengan wanita yang sholehah.. amiin..

    maaf, saya juga mohon izin untuk mempublish tulisannya di blog saya..
    terimakasih..

  4. Subhanalloh……….suami sholeh dambaan semua istri,tentunya istri sholehah juga lho. Maybe its easy, with beramal dan beribadah harus dilakukan balance. Suami vs istri sholeh insyaallah balasan Alloh takkan berhenti. baik di dunia dan akhirat. Kemewahan di dunia takkan sebanding dengan seorang suami yang sholeh menjadi harta yang paling berharga. Teramat berat untuk dilaksanakan dalam arti yang sebenarnya……….

  5. sebelum berharap mendapatkan suami solehah..baiknya kita bercermin apa kita sudah bisa menjadi istri solehah. ternyata berat…tapi itu jihad kita. semoga suami istri yang mencintai karena Alloh SWT akan dipersatukan kembali di syurga kelak. amin

  6. ass wr wb

    membaca tema suami soleh membuatku menanggis betapa saat ini saya sangat mendambakan suamiku untuk bisa membaca dan mengerti maksudnya.bagaimana caranya saya agar suami saya bisa menjadi suami yang soleh yang diidamkan

    • Ya Allah….kapan aku merasakannya..berdampingan dg suami yg soleh, sedangkan sekarang ini aku dihadapkan jauh dari apa yg dituliskan artikel diatas…krn sikap dan tingkahnya tidak mencerminkan seorang pemimpin dan pelidung keluarga aku jd lebih cendrung menjadi istri yg tidak menghargai suami dan agak belaku melawan kpd suami… Apalagi suami tidak bekerja dan kondisi tubuhnya kurang sehat. Tunjuki jalan yg benar ya Allah dan berikan hidayah MU kpd kami.

  7. semua manusia ingin bgt punya pasangan yg solehh..
    begitu pula aku..
    ingin mendambakan suami yg solehh..yg ngerti ke mauan istri|&anak” nya..
    mudah” kelak..calon suami ku..bisa membawa klrg nya kjln surga…
    amienn..

    • Segala sesuatu yang kita takutkan bukan siapa, tetapi yg kita takutkan adalah diri kita sendiri. Karena Napsu selalu mendampingi kita dimanapun kita berada, Insyallah kita di beri kekuatan olehNya

  8. saya seatuju banget dengan apa yang sat\ya baca dalam situs ini, dan saya sangat mengidamkan suami sholeh. saya mohon doa dari para pembaca yang sempat mampir di sini agar saya sehera dipertemukan deangan jodoh saya yang shaleh. amin

  9. Subhanallah …
    Artikel yang sangat bagus… buat bekal kita kita dalam menjemput jodoh yang sholeh. amin.
    Izin share ya.. ukht. semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca semuanya. amin

  10. subhanallah…memiliki suami yang sholeh adl impian terindahku krn dlm bimbingannya aku bs belajar mjd istri yg sholehah dn menuntunku menuju surgaNya..amin ya rabb,semoga msh Kau beri aku kesempatan mendapatkan dekapan suami yg mencintaiku,anak2 dan Kau ya Rabb

  11. Seorang suamiiyalah laksana pondasi bagi keluarganya harus bisa medtiang penyangga buat istrinya membawa ketenangan dan kesejukan buat anak2nya,semoga kita smua menjadi kelurga yang selalu mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT amin

  12. smga qta bs mjd istri solehah shg qta jg pantas utk mndampingi suami yg shalih. amin…
    mnta ijin buat copas k blog saya ya.. makasih

  13. Mohon ijin untuk saya ringkas dan mempublikasikannya ke sebuah situs shvoong.com agar dapat memberi manfaat bagi lebih banyak umat manusia

  14. Akbarulloh.. Indah skali, bhsanya renyah n mengagumkan. Smga sy menjadi bgian ahli jannah dgn suami sjati yg memapahku untk snantiasa brcnta karena-MU…

  15. Saya menikah kurang lebih 1,5 th dan dikaruniai seorang anak….tidak saya pungkiri memang saya belum bisa sepenuhnya menjadi istri yang sholehah, karena saya sering merasa adanya “ketidak adilan” dalam rumah tangga saya….setiap saya bilang hal tersebut kepada suami saya kadang didengarkan kadang tidak….kemudian saya curhat ke orang lain….habis saya bingung.
    Nah kemudian lagi yang jadi masalah buat saya,
    1. apakah bisa saya menerima rejeki yang diberikan suami saya padahal rejeki itu saya tidak tahu asal usul halal dan haramnya….karena setiap saya menanyakannya jawaban akhirx adalah “sudahlah ga usah banyak tanya” jadi terpaksa saya terima….nb: suamiku kebetulan ikut mengelola sebuah “Cafe dan Karaoke”
    padahal rejeki itu untuk menafkahi anak istri, saya takut kalo ternyata rejeki itu asalnya tidak baik nantinya berimbas pada perkembangan anak kami….tolong saya bingung nee….
    2. Bolehkah saya mengetahui bisnis suami saya itu sedalam-dalamnya karena hasilnya kan untuk diberikan ke anak istri? Setiap saya tanya jwbnnya tetap sama plus “siapa si kamu di bisnis itu? bukan siapa2 jadi ga usah ikut campur manajemen cafe itu”….Lho saya kan ikut makan hasilnya,,,jd menurut saya wajar aja kalo saya pengen tahu….
    3. Jika suami saya belum bisa menjadi suami yang sholeh menurut saya…wajibkah saya menjadi istri yang sholehah?

  16. Ya Alloh…….. andaikan semua suami tahu dan mengerti tentang tulisan di atas tentu akan bahagialah kehidupan di dunia ibni, termasuk sy. Mudah-mudahan Alloh memberi kesadaran kepada para suami2 di muka bumu ini. Amiiinnnn.

  17. betapa sedihnya saya sebagai seorang cowo,,saya menjalin hubungan dengan wanita yang saya cintai.buruknya sikap yang saya lakukan. saya suka membuat dia sedihh hingga mengeluarkan air mata..dalam hati saya ingin menjadi calon suami yang soleh.tetapi saya tidak memiliki keyakinan bahwa saya bisa menjadi leader dalam rumah tangga.saya terlalu egois..saya berharap suatu saat dapat menjadi suami yang soleh dan dapat merubah jati diri saya..dan membahagiakannya..kesan saya melihat blog ini saya berfikir kejamnya yang saya lakukan..semoga Allah memberikan hidayah kepada saya.amin

  18. terimakasih atas masukanya..
    insya allah,kalau saya sudah berkeluarga saya akan berusaha mejadi pemimpin yang seperti amien :)

  19. subhanallah, artikelnya bagus banget, semoga ini bisa menuntun saya untuk dapat mendapatkan jodoh yang soleh., begitu juga saya dapat menjadi istri yang solehah nantinya. Amin..

  20. SUBHANALLAH…y Allah semoga aku salah satu wanita yang mendapatkan suami soleh…dan insyaAllah calon kku ini termasuk yang soleh…amiiin…

  21. saya tidak setuju dengan artikel anda belum tentu yang anda tulis sesuai dengan yang anda praktekan. janganlah anda menjadi sebuah lilin yang hanya bisa menerangi disekelilingnya, tapi lilin itu hancur terbakar,meleleeeeeehhhh

  22. apakah suamiku jg termasuk suami yg sholeh jika ia mengakui kpda saya bahwa ia jatuh cinta lagi dg wanita lain? air matanya jatuh dan bersujud padaku untuk memohon ijin tetap bersama wanita lain… tp saya sbg istri pasti sangat tersakiti… apakah dia sholeh? bgmn dg saya?

  23. semoga atas dasar ijin allah aq sangat menginginkan suami yg sholeh, qu sangat terharu membaca yg di atas…
    smoga aja allah jg mengabulkan doa qu tuk mendapatkan suami yg sholeh…..

    amiiiiin………..

  24. Saya sangat terharu setelah membaca semua itu,,,
    semoga aku bisa mendapatkan suami yang sholeh…
    Mohon do’a nya dari kalian…
    Ammmiiiinn ya allah..

  25. Lelaki sh0leh dambaan setiap wanita,..sem0ga aku dikurniakan suami sh0leh yang sentiasa memahami..aku serahkan hanya pada NYA yang lebih mengetahui…amiin

  26. is good..
    smoga qt bs mengambil peljarn dri tulisan ini.
    menjadi suami atau istri soleh/ah sungguh sulit, mohonlah padaNya dn berusahalah dgn segenap tenaga.
    pasti bisa. we just ready…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s