” Kata Maaf itu…”

Dalam menjalin sebuah hubungan, tentunya tidak selamanya berjalan dengan lancar, sering kali, terjadi hal yang tidak menyenangkan, baik itu dengan pasangan kita, teman, saudara, orang tua, tetangga dll. Dan  kita tiba -tiba saja jadi sangat sedih, tertekan, tidak enak makan dan minum juga tidak enak tidur karenanya. Kalau sudah begitu bisa dikatakan segalanya jadi sangat mengerikan. Yup …, tentu saja itu  terjadi  saat kita menyakiti atau mengatakan sesuatu yang tidak seharusnya dikatakan kepada mereka. Mungkin karena kemarahan, mata kita jadi buta, sehingga rela mengeluarkan kata yang jelas akan sangat menyakiti perasaan mereka. Padahal, beberapa saat kemudian setelah segala emosi yang kita rasakan reda, penyesalan demi penyesalan mulai bermunculan, Tetapi apa mau dikata kita telah rela menjual hubungan yang kita miliki itu dengan kemarahan. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan saat itu ?

Yang harus kita lakukan adalah , mengucapkan kata maaf pada yang kita sakiti itu, jangan menunggu lama, cepatlah melakukannya. Dan berdoalah agar Alloh juga membukakan pintu hati yang kita sakiti itu sehingga dia bisa memaafkan kita.

Lalu bagaimana kalau dia masih marah dan tidak ingin memaafkan kita?Yang harus kita lakukan tentu saja bersabar, bersabar berarti harus terus berupaya agar yang kita sakiti itu bersedia memaafkan dan terus berdoa agar yang kita sakiti itu diberi kemudahan oleh Alloh sehingga lapanglah hatinya dan mudah memaafkan kita.

Dan itu tidak mudah lho, kadang butuh waktu yang lama, karena yang kita sakiti sering kali karena hatinya begitu terluka, maka begitu sulit memaafkan, oleh karena itu yang terbaik adalah ” jangan pernah dikuasai marah ataupun emosi”.

Lalu setelah kita berusaha dengan sungguh-sungguh tetapi tidak dimaafkan juga apa yang harus kita lakukan ? Yang harus kita lakukan adalah memasrahkan semuanya kepada Alloh, biarkanlah alloh yang memberi jalan keluarnya, dan kita lanjutkan hidup kita dengan langkah yang lebih baik….

(Maka dari itu adalah tepat jika mencegah terjadinya kesalahan yang akan kita sesali dikemudian hari itu lebih baik ketimbang kita harus menyesalinya dikemudian hari).

2 pemikiran pada “” Kata Maaf itu…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s