Menyayangi orang tua & mertua (1)

“Orang tua adalah orang yang paling berjasa buat hidup kita, dan Mertua kita adalah orang yang paling berjasa buat hidup suami / istri kita. Dan kita mencintai istri /suami kita.”

Jasa keduanya, kasih sayang dan cinta mereka tidak lah mungkin bisa kita bayar dengan apapun didunia ini, dan karenanya sebagai seorang anak adalah sudah selayaknya senantiasa menyayangi mereka, meski pun mungkin, sering kali ada hal-hal yang mereka lakukan tidak berkenan di hati kita.

Lalu bagaimana sih caranya menyayangi mereka? Apakah sudah cukup dengan berkata, ” I love you Mom, dad”. Kata semacam itu akan menyenangkan hati mereka, dan dengan disertai perbuatan yang nyata akan menjadi sangat sempurna.

Jika diri kita masih dalam perawatan atau dalam pemeliharaan mereka, ringankanlah beban mereka, bersyukurlah dengan segala pemberian mereka, bersyukur dengan berkata terima kasih dan menggunakan segala yang diberikan oleh mereka dengan cara yang baik. Misalnya saja jika kita masih sekolah, jika mereka memberikan uang saku, pergunakanlah uang saku yang diberikan itu dengan bijak, gunakanlah untuk keperluan yang baik, misalnya saat lapar untuk beli makanan, atau membeli buku, ditabung untuk keperluan yang akan datang. Jangan digunakan untuk keperluan yang tidak baik, misalnya untuk membeli narkoba, minuman keras, dll yang jelas akan membuat orang tua kita tidak akan senang jika seandainya mereka tahu kita belanjakan untuk apa uang yang mereka berikan itu. Sekolahlah dengan benar, belajar dengan sungguh-sungguh, rajin, ukirlah prestasi yang membuat mereka tersenyum bangga.

Orang tua selalu mengharapkan yang terbaik untuk hidup kita, walaupun seringkali apa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Dan oleh karenanya ingatlah setiap maksud baik itu, dan berusahalah untuk sebisa mungkin selalu berkata lemah lembut terhadap mereka dalam segala situasi dan kondisi. Meskipun kita dalam keadaan marah terhadap mereka sekalipun.

Lalu bagaimana jika kita tidak lagi dalam pemeliharaan orang tua kita atau sudah menikah ? Yang harus kita lakukan sebagai seorang anak tetaplah sama, berikan kepada mereka kebahagian di ujung usia mereka, senangkanlah hati mereka, misalnya saja dengan menjalankan rumah tangga kita dengan sebaik2nya dengan penuh cinta dan kebahagiaan, mendidik dengan baik suami, istri dan anak2 kita, memberikan mereka kasih sayang yang sudah seharusnya mereka terima, ingatlah orang tua dan mertua kita senang sekali melihat anak2 nya hidup dalam kebahagiaan dan kebaikan. Lakukanlah hal2 yang sekiranya akan membuat orang tua dan mertua kita senang.Tanamkanlah didalam hati kita membuat mereka senang adalah kebahagiaan kita . Begitu pula halnya dengan mertua kita. Mereka adalah orang yang paling berjasa dalam hidup suami/istri kita. Mereka telah berbuat banyak untuk suami / istri kita. Menjadikan suami/istri kita seperti sekarang, membesarkan, mendidik mereka. Apapun yang kita lakukan untuk membayar semua yang mereka lakukan tidaklah cukup dan tidak akan pernah bisa. Dan karenanya menjadikan mereka sebagai orang tua kita, berbuat baik, menyenangkan hati mereka dan menyayangi mereka sudah selayaknya kita lakukan. Dan jika ada yang tidak berkenan di hati kita karena perbuatan mereka, hendaknya jangan sampai menyakiti mereka. Kita juga harus berkata yang baik dan lemah lembut terhadap mereka, tanamkan pula kata-kata ini didalam diri kita “membuat mereka senang adalah kebahagiaan kita” . Well, mudah kan untuk menjadi anak yang baik? Ok, mari sama-sama berusaha dan menjadi anak yang baik untuk orang tua kita dan mertua kita. Semoga kebaikan & kebahagiaan diberikan Alloh kepada kita semua.

2 pemikiran pada “Menyayangi orang tua & mertua (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s