HAID

PENGERTIAN

Haid secara bahasa artinya mengalir. Sedang secara terminologi adalah darah yang secara karakteristiknya keluar dari pangkal rahim perempuan pada waktu2x tertentu. Artinya adalah darah yang keluar melalui alat kelamin perempuan minimal usia 9 th kurang dari 16 hari kurang sedikit  ( usia 8 th, 11 bulan 14 hari lebih sedikit dan keluarnya secara alami sebagai tabiat perempuan bukan disebabkan melahirkan atau penyakit.

HUKUM MEMPELAJARI ILMU HAID

Mengingat permasalahan haid selalu berhubungan dengan rutinitas ibadah setiap hari, maka seorang perempuan dituntut untuk mengetahui hukum2x permasalahan yang dialami sehingga ibadahnya sah dan benar menurut shara. Dan untuk mengetahui hukum permasalahan tersebut maka tidak ada jalan lain kecuali belajar. Sedangkan ketentuan hukum mempelajarinya adalah sebagai berikut :

  1. Fardu a’in bagi wanita baligh. Wajib bagi setiap wanita yang sudah baligh untuk belajar dan mengerti permasalahan yang berhubungan dengan haid, nifas, dan istihadah.Sebab mempelajari hal-hal yang menjadi kriteria  sah dan batal suatu ibadah adalah fardu aín. Sehingga  boleh bagi perempuan bahkan wajib keluar rumah untuk mempelajari ilmu tersebut.  Dan bagi suami atau mahramnya tidak boleh melarangnya, jika ia tidak mampu mengajarinya sendiri. Tetapi jika ia mampu, maka wajib baginya untuk mengajari istrinya dan ia berhak untuk melarang istrinya keluar rumah.
  2. Fardu Kifayah bagi laki-laki. Karena permasalahan  haid, nifas, dan istihadlah ini tidak berkaitan langsung dengan rutinitas ibadah kaum laki-laki maka hukum mempelajarinya adalah fardu kifayah dan bersifat untuk menegakkan agama serta keperluan untuk memberi fatwa kepada orang lain.

WARNA DAN SIFAT DARAH HAID

Warna darah haid sesuai dengan urutan yang paling kuat adalah :

  1. Hitam
  2. Merah
  3. Merah Jambu
  4. Kuning
  5. Keruh

Karena warna darah itu tidak hanya cukup satu saja, maka dapat dibedakan sebagai berikut:

  1. Darah Qawi yaitu darah yang paling kuat  (paling tua warnanya ). Misalkan warna hitam lebih tua jika dibandingkan dengan warna merah
  2. Darah Daíf yaitu darah yang dilihat tampak lebih lemah warnanya dibanding dengan yang lainnya. Misalkan warna merah lebih lemah warnanya kalau dibandingkan dengan warna hitam
  3. Darah adáf yaitu darah yang dilihat nampak lebih lemah warnanya dibandingkan dengan warna kedua darah di atas. Misalkan warna merah jambu lebih lemah jika dibandingkan dengan warna hitam dan merah

WAKTU HAID

Minimal masa haid adalah sehari semalam ( 24 jam )  dengan syarat keluarnya darah tidak putus-putus yakni terus menerus. Maksimal masa haid adalah 15 hari 15 malam  (360) dan tidak diisyaratkan darahnya  keluar terus menerus, tapi bila dijumlah darah yang putus-putus ( keluar terus menerus/ tidak pernahmampat )  tersebut  mencapai 24 jam atau lebih. Contohnya : wanita yang pada tanggal 1 mengalami  pendarahan 2 jam, lalu bersih 72 jam ( 3 hari ), kemudian mengalami pendarahan lagi 20 jam, setelah itu bersih 10 hari dan seterusnya  keluar darah 2 jam. Pada umumnya wanita mengalami 6-7 hari. Cara mengetahui mampat/bersihnya darah itu cukup dengan memasukkan segumpal kapas kedalam vagina, bila pada kapas tersebut terdapat berca darah ( walau hanya berupa air keruh ), berarti belum bersih ( masih keluar ). Walaupun darah tersebut tidak sampai keluar pada vagina  bagian luar  ( daerah yang tampak ketika  sedang jongkok buang air ).

Wanita yang mengeluarkan darah putus-putus selama 15 hari 15 malam tapi setelah dijumlah, masa keluar darahnya tidak sampai 24 jam, darahnya tidak dihukumi haid. Ulama berbeda pendapat dalam mengambil keputusan tentang hukum masa-masa kosong disela-sela haid. Sebagian pendapat menghukmi haid, sedang pendapat yang lain menghukumi suci. Perbedaan ini berlaku untuk selain wanita yang baru pertama kali mengalami haid. Artinya, bagi wanita yang pertama mengalami haid maka ketika darah mampet dan berhenti didalam siklus haid yang pertama tersebut tetap mempunyai kewajiban sebagaimana wanita suci dari haid ( wajib mandi, sholat, halal jima dsb ). Untuk siklus berikutnya bila darahnya bersih sebelum lewat masa kebiasaan haid yang sudah dialamai pada siklus sebelumnnya dia boleh mengikuti salah satu dari dua pendapat diatas. Walaupun terjadi perbedaan pendapat dalam menghukumi berhentinya darah yang terjadi disela-sela siklus haid, namun ddalam maslah iddah dan talag tetap satu pendapat bahwa yang dimaksud suci dalam masalah iddah dan talaq adalah suci antara dua haid.

Wanita usia haid ( 9 tahun ) pertama kali melihat darah, wajib langsung berlaku sebagaimana orang haid. Bila ternyata darahnya bersih sebelum 24 jam maka wajib meng qada salat yang ditinggalkan karena ternyata darah itu bukan darah haid. Bila darahnya putus setelah mencapai 24 jam atau lebih tapi tidak lewat 15  hari 15 malam maka semuanya dihukumi haid.  Bila darah itu tidak bersih hingga melewati batas paling banyak haid ( 15 hari 15 malam ), maka dia disebut mustahadah yang untuk menentukan  haidnya mengikuti ketentuan-ketentuan yang akan kami terangkan dalam bab  mustahadah haid. Darah yang dikeluarkan oleh wanita hamil sebelum dia merasakan sakitnya akan melahirkan bila memenuhi syarat ( mencapai 24 jam, juga dihukumi haid )

WAKTU SUCI

Suci yang memisahkan antara dua haid, minimal 15 hari 15 malam. Paling banyak tidak terbatas. Sedan kewajarannya meninjau pada kebiasaan haidnya. Yakni jika biasanya 7 hari maka sucinya 23 hari.

9 pemikiran pada “HAID

  1. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Dok saya mau tanya, saya sdh mengalami keguguran 2 kali dan di sebabkan janin tidak berkembang. yang mau saya tanyakan adalah apa penyebab janin menjadi tidak berkembang dan kenapa sampai terjadi berulang-ulang dan sampai saat ini saya belum juga dikaruniai anak apakah ada masalah dari alat reproduksi saya???

  2. Bagaimana jika darah yang keluar itu berwarna hitam dan lebih dari 15 hari? Apakah itu tetap dikatakan haid?
    Jika hari pertama sampai hari ke 15 darah haidnya berwarna hitam dan setelah itu keluar darah segar selama lima hari setelah itu keluar lagi darah berwarna hitam selama seminggu (jadi totalnya 27 hari), yang manakah yang dikatakan haid?

  3. saya sudah datang haid dan tidak berhenti sejak bulan feb 2010 sehingga sekarang ,berhenti hanya dalam tidak lebih 2 bulan lepas berterusan semula sehingga sekarang,kenapa dok?

  4. Dok, saya mahasiswi usia 21 th.
    Beberapa bln yg lalu haid sya mlai tdk tratur, jarak yg biasanya 28 skrng bsa <20 hri. pdhal awalx teratur. dan warnanya jdi hitam.
    Pernah hmpir 2 hri nyeri di bagian perut kiri bawah (kuadran 9).
    Apa itu penyakit? Atau normal- normal saja dok?

  5. dok saya haid pada bulan april lalu, namun tdk haid slama 3 bulan lalu haid lg tetapi cuma dua hari, n sampai sekarang tdk haid lg , kalo boleh tau itu kenapa ya dok?

  6. dok.saya mau nanya ne..sya klo haid sering gak lancar dan trlambat sekitar 2 hari dr tanggal sebelumnya.dan pada awalnya darahnya kecoklatan lalu merah.tpi cma 2 hari setelah itu kecoklatan lagi.ada juga yang kehitaman dan sedikit.klo gitu gmgna dok?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s