Bermain Bersama Anak Umur Empat Sampai Lima Tahun

Bermain Bersama Anak Umur Empat Sampai Lima Tahun

Anak-anak pada usia ini sangat gemar bertanya dan menyelidiki segala sesuatu. Itu artinya, Anda bisa melakukan permainan-permainan yang membutuhkan sedikit pengertian matematis dan ilmiah.

Perkembangan Anak-anak

Anak-anak prasekolah penuh rasa ingin tahu akan dunia di sekitarnya, bagaimana cara kerja sesuatu, dan mengapa ada ini dan itu. Mereka sungguh-sungguh senang menjelajah dan menyelidiki segala hal.

Perkembangan itu dipicu oleh makin meningkatnya pengertiannya akan dunia sekitarnya dan bahwa dirinya adalah orang yang berbeda dari orang dan makhluk lainnya, yang memiliki perasaan dan pengalaman yang juga berbeda dari orang lainnya. Ia sudah tahu kalau sesuatu terjadi pada dirinya ketika Anda tidak ada di sana, maka Anda tidak akan tahu soal kejadian itu dan karenanya ia musti menjelaskannya kepada Anda.

Penjelasan adalah bagian dari ilmu pengetahuan dan matematika dasar. Penjelajahan dan penyelidikan adalah cara anak-anak seumuran ini menguji pemikirannya dan mengambil simpulan. Karena itulah para guru Taman Kanak-kanak maupun SD Kecil sengaja menyiptakan lingkungan yang merangsang dan menantang, sekaligus memakai metoda bertanya dan menguji ini agar pelajaran menjadi menyenangkan dan seronok.

Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Sambutlah dengan bersemangat semua pertanyaan anak Anda, bahkan jika ia melemparkan pertanyaan yang sulit dijawab, seperti “Dimana sih udara itu, aku koq nggak bisa melihatnya?”, “Mengapa rumput berwarna hijau?” atau “Mengapa muka nenek ada garis-garisnya?”

Ajukan pertanyaan-pertanyaan Anda sendiri. Bantu anak Anda untuk menguatkan ‘otot’ pemikirannya dengan mengajaknya menebak bagaimana hidupnya akan berbeda kalau, misalnya, ia hidup di tenda, atau tinggal di wilayah yang sangat panas (atau beku).

Amati pula apakah ia bisa menyelesaikan soal-soal sederhana. “Kalau Mama punya seekor macan peliharaan dan kamu punya tiga macan peliharaan, berapa banyak macan yang kita miliki?”

Ajukan semua pertanyaan itu dalam suasana yang riang. Jangan serius. Kalau ia bisa dengan mudah menjawabnya, buatlah pertanyaan-pertanyaan sedikit yang lebih sulit.

Permainan yang Menyenangkan

Permainan matematis dan ilmiah yang membutuhkan sedikit peralatan.

Bawa stoples bekas selai ke taman. Cari siput, masukkan stoples dan amati. Setelah selesai, lepas kembali siput itu ke tempat yang aman, seperti halaman belakang.

Pada saat mandi, letakkan beberapa wadah dengan ukuran berbeda-beda di dalam bak mandi dan bawa pula gelas plastik. Lihat seberapa banyak gelas air yang bisa mengisi tiap-tiap wadah itu. Minta anak Anda menebak berapa gelas air yang dibutuhkan untuk mengisi wadah bekas kue dan berapa gelas air untuk mengisi panci. Bereksperimenlah pula dengan barang-barang yang bisa mengapung dan mana yang tenggelam.

Menumbuhkan tumbuhan dari biji sangatlah mudah; mereka akan tumbuh pada permukaan apa pun yang lembab. Letakkan kapas basah di dalam pecahan cangkang telur dan amati dalam beberapa hari akan tumbuh ‘garis-garis’ hijau. Anda bisa mencari di dalam buku-buku pertamanan untuk merangsang keingintahuan anak Anda terhadap dunia tumbuhan.

Berlatih menghitung dengan menebak berapa langkah yang dibutuhkan untuk mengelilingi taman atau berjalan ke toko sebelah rumah atau ke halte bus dekat rumah.

Minta anak Anda untuk membantu menyiapkan meja untuk makan makan malam atau minum teh sore hari. Itu berarti ia harus meletakkan piring, sendok dan gelas dalam jumlah yang sama. Biarkan ia menghitung dan menyebutkan angka yang tepat.

Mainan yang Tepat

Menyemaikan seorang ilmuwan nyaris tidak membutuhkan banyak perlengkapan. Cukup dengan lingkungan yang sudah ada di rumah dan di sekitar rumah, plus perhatian dan dukungan Anda untuk tetap membuatnya sibuk. Akan tetapi Anda bisa merangsang lebih kuat lagi dengan mainan-mainan yang tepat.

–          Kaca pembesar dengan mutu yang baik untuk mempelajari serangga, tanaman, aneka jenis batu dan kulit pohon.

–          Perlengkapan berkebun dari bahan yang ringan, tetapi benar-benar bisa dipakai untuk berkebun.

–          Nampan atau kotak pasir, untuk membuat beragam bentuk dan bereksperimen dengan bahan dan bentuk.

–          Meja burung (bisa dibuat dari bagian dasar sangkar burung) untuk mengamati pelbagai jenis burung yang datang sesuai musimnya. Anda bisa mengajak anak Anda membuat makanan burung sendiri dengan menyampurkan biji-bijian, buah kering dan kacang-kacangan dan membentuknya jadi butiran-butiran kecil, lalu mewadahinya.

–          Papan catur dan permainan papan lain yang kotak-kotaknya bisa dihitung. DB

Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D

Untuk konsultasi dan permintaan seminar/workshop, silahkan hubungi Intan di 0813-1641-0088.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s