Bila Anak Suka Makan Jeroan

Anak Suka Makan Jeroan, Bisakah Mengalami Kolesterol Tinggi?

 

Tanya: Akhir-akhir ini putra saya, Jason (5 tahun), senang sekali makan nasi dengan lauk usus ayam goreng dan hati ayam. Wah, kalau makan jeroan, jadi lahap sekali. Tapi, karena terlalu sering, saya khawatir kolesterolnya tinggi. Bisakah anak-anak mengalami kolesterol tinggi seperti orang dewasa? Apakah anak saya juga bisa terkena asam urat? Terimakasih atas jawaban Dokter. Lestiana, Bandung.

 

Jawab: Senang ya Bu, melihat si kecil lahap makan. Bagus sekali kalau putra Ibu gemar mengonsumsi hati ayam. Karena hati ayam banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Hati ayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak. Selain mengandung zat besi, hati ayam kaya akan vitamin, baik vitamin larut dalam lemak maupun larut dalam air. Vitamin larut lemak yang banyak terdapat pada hati ayam adalah vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin larut air berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), vitamin B6, asam folat, vitamin B12, serta asam pantotenat.

Hal yang perlu sedikit diwaspadai dari hati ayam adalah kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, yaitu 564 mg per 100 gram. Persentasenya terhadap kebutuhan kolesterol tubuh adalah 188 persen. Dengan demikian, jika berat satu buah hati sekitar 30 gram, konsumsi 2 sampai 2,5 potong hati per hari masih aman.

Bila mendengar tentang jeroan, seringkali terbayang tentang kelebihan kolesterol dan kegemukan. Sayang sekali Bu Lestiana tidak menyertakan data berupa tinggi dan berat badan si kecil. Bila Jason tergolong memiliki tubuh yang ideal, maka kekhawatiran ibu tak perlu berlebihan.

Kolesterol atau kadar lemak dalam darah umumnya berasal dari menu makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak konsumsi makanan berlemak maka semakin besar peluang menaikkan kadar kolesterol. Contoh makanan tersebut antara lain gorengan, minyak kelapa, alpukat, durian, daging berlemak, jeroan, dan kacang tanah.

Manfaat Kolesterol. Kolesterol tidak selamanya harus dihindari karena memiliki peranan penting dalam fungsi organ tubuh. Kolesterol penting untuk jaringan otak, serat syaraf, hati, ginjal, dan kelenjar adrenalin. Selain itu, kolesterol diperlukan pula untuk pembentukan hormon seks, seperti progesteron, estrogen, dan testosteron. Kolesterol juga merupakan bahan baku untuk pembentukan vitamin D bagi pemenuhan kebutuhan tubuh.

Namun, konsumsi kolesterol harus dibatasi, tidak lebih dari 300 miligram per harinya. Bila dibandingkan dengan kuning telur dan otak, kadar kolesterol pada hati ayam masih relatif lebih rendah.

Jika si kecil senang sekali mengonsumsi hati ayam dan jeroan, khususnya usus ayam goreng, maka perlu diperhatikan seberapa sering ibu memberikan lauk tersebut. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Sejauh ini, tingginya kadar kolesterol pada anak jarang sekali saya temui.

Anak Obesitas. Namun, bagi anak obesitas, konsumsi jeroan tentunya harus dikurangi. Perhatikan pula jika leher anak tampak kehitaman, sebab hal tersebut menandakan beban pankreas tidak seimbang karena makanan yang dikonsumsi pun tidak seimbang.

Mengenai pertanyaan ibu terkait masalah asam urat, anak-anak pun masih jarang mengalami hal tersebut. Kadar asam urat pria dan wanita sejak lahir sampai usia remaja umumnya rendah.

Setelah usia remaja maka kadar asam urat pada wanita cenderung tetap rendah dan baru meningkat setelah menopause. Ini karena adanya peranan hormon estrogen yang membantu membuang asam urat melalui urine.

Dengan demikian, anak laki-laki dan perempuan sampai usia remaja, jarang atau hampir tak pernah terserang penyakit asam urat. Kebanyakan asam urat menyerang pria pada usia pertengahan.

Nah, bu Lestiana jangan terlalu khawatir mengenai kolesterol tinggi dan asam urat yang bisa menyerang jagoan cilik Anda. Mulailah menerapkan pola gizi seimbang bagi buah hati Anda. Jika anak Anda gemar makan hati ayam dan jeroan, berikanlah menu bervarisi. Dan jangan pula dijadikan camilan. Karena ini akan berimbas ke pola makan selanjutnya, kelak hingga dia dewasa. DB

Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D – Sexologist, Pschoanalyst, Graphologist, Marriage & Family Therapist.

Untuk konsultasi, hubungi di 0878-8170-5466 atau pin 2849C490.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s