Buku Balita: Melibatkan Panca Indra

Buku Balita: Melibatkan Panca Indra

Jika balita Anda sudah terbiasa dengan buku, ia akan terus menyukainya. Kalau belum, inilah saat terbaik untuk mengenalkannya kepada mereka. Tetapi ingat, balita Anda belum bisa berkonsentrasi dalam waktu lama. Jadi, buatlah sesi membaca sebentar saja, tetapi dalam suasana manis dan lembut.

Kata-kata dan Gambar

Balita memang belum bisa cermat. Jadi, kalau umur anak Anda masih di bawah dua tahun, tetap berikan buku karton saja. Simpan dulu buku-buku ‘normal’ yang memakai kertas biasa. Kalau pun Anda memberikannya, sebaiknya Anda yang membacakannya.

Anak umur 1 – 2 tahun, menyukai buku dengan gambar-gambar rinci, baik tentang benda-benda maupun aneka kegiatan yang sudah mereka akrabi. Buku tentang kata-kata pertama cocok untuk kelompok usia ini.

Setelah umur 2 tahun, anak-anak suka dengan buku dongeng dan cerita. Pilihlah yang sangat sederhana, dengan gambar yang jelas dan sedikit kata-kata.

Buku-buku dengan teks yang berirama lebih mudah diingat oleh balita Anda. Coba bacakan dengan jeda dan biarkan anak Anda mengisi atau meneruskan kata-kata yang belum Anda ucapkan. Misalnya, “Aku pergi mandi, memakai sabun … (wangi!).

Anak-anak tak suka kalau hanya duduk diam, mereka ingin ikut aktif. Karena itu, berikan buku-buku yang halamannya bisa menyeruak ke luar (pop-ups book), yang cover depannya bisa dikancingkan, yang tiap halamannya bercarik atau dipotong sedemikian rupa agar mudah membukanya (tab books), yang berlubang agar anak-anak bisa mengintip ke dalamnya, atau yang dicetak dengan tekstur tertentu (emboss) agar ia bisa merabainya, dan buku-buku yang disertai pertanyaan untuk dijawabnya.

Jadikan membaca sebagai kegiatan rutin dan berkala. Ini penting untuk meroketkan perkembangan bahasanya. (Ingat, bahasa juga unsur penting kecerdasan anak dan salah satu penentu kesuksesannya di masa depan). DB

Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D

Untuk konsultasi, hubungi Intan di 0813-1641-0088.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s