KARAKTER POSITIF PADA ANAK-ANAK & ORANGTUA

KARAKTER POSITIF PADA ANAK-ANAK & ORANGTUA

  • Antusiasme: apapun yang Anda lakukan, kerjakan dengan penuh gairah dan suka cita. Semuanya akan menjadi lebih efektif.
  • Optimisme: Kadang-kadang situasi memburuk, tapi belajarlah melihat sisi positifnya. Memang lebih mudah merasa sedih dan depresi; itulah yang sering kita lakukan, karena nyaman. Tapi dalam jangka panjang akan memburuk. Karena itu, jika Anda ingin tumbuh, bersikaplah optimis!
  • Adaptabilitas: mudah beradaptasi pada perubahan adalah sifat karakter positif yang sangat penting. Mampu menghadapi perubahan itu perlu karena hidup tak mungkin berada di zona nyaman terus. Kalau Anda tak cepat beradaptasi, keberhasilan Anda sia-sia.
  • Harga Diri: belajarlah menaruh diri, perasaan dan tubuh Anda di tempat yang berharga. Jangan biarkan diri Anda disepelekan, tapi juga jangan menepuk dada. Belajarlah mempercayai diri sendiri dan merasa aman akan kemampuan Anda.
  • Kesabaran: kesabaran penting karena segala yang kita inginkan tak seperti membalik telapak tangan. Melihat orang lain dibanjiri pujian sementara Anda dihujat bisa membuat marah. Teruslah berjalan. Dengan bersabar, Anda menunjukkan kekuatan Anda dalam melangkah mencapai tujuan.
  • Rendah Hati: Bukan berarti tak mau menerima pujian atas keberhasilan Anda. Tapi meneriakkan kesuksesan sendiri akan menjauhkan orang dari Anda.
  • Percaya Diri: Bukan sombong. Anda percaya bahwa Anda punya kemampuan dan sanggup melakukannya dalam situasi apa pun. Menunjukkan rasa percaya diri akan membuat orang lain mempercayai Anda.
  • Kontrol Diri: Menahan diri, khususnya dari perasaan negatif seperti marah, benci, dan iri. Waktu akan menunjukkan bahwa hal-hal kecil yang mengganggu Anda saat ini memang remeh.
  • Konsistensi: konsisten dalam berperilaku dan bersikap. Hindari terjebak dalam perubahan “suasana hati.” Konsisten untuk memperbaiki diri.
  • Kerja Sama: kerja sama bukan hanya di kantor, tetapi juga di rumah, bersama pasangan, dengan anak-anak; baik soal perasaan, finansial, maupun tugas kerumahtanggaan.

Dr. Dono Baswardono, CHT, AISEC, MA, Ph.D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s