MENGAJARI ANAK ANDA BAGAIMANA CARA BELAJAR YANG LEBIH EFEKTIF

MENGAJARI ANAK ANDA BAGAIMANA CARA BELAJAR YANG LEBIH EFEKTIF

Mari hadapi kenyataan: kebanyakan pelajar tak tahu bagaimana belajar yang efektif. Semua orang bicara soal pentingnya nilai dan hasil ujian, tapi lupa menunjukkan kepada anak-anak kita bagaimana belajar yang baik. Mereka biasanya tidak belajar sama sekali atau berusaha keras belajar berjam-jam setiap sore. Keduanya tak ada gunanya. Hanya membuang-buang waktu dan usaha.

Pelajar memang membutuhkan tambahan belajar sebelum ulangan atau ujian, tetapi ada cara-cara lain untuk tetap punya banyak pengetahuan tanpa harus membuang-buang berjam-jam kelelahan belajar. Tekankan pada kualitas, bukan kuantitas.

Berikut ini cara yang biasa saya sampaikan kepada kedua anak saya yang kini telah kuliah dan SMA kelas 1. Bagaimana cara mereka bersiap menghadapi ulangan dan ujian: (Untuk selanjutnya, saya akan membahasakan diri sebagai “Oom” dari anak-anak Anda).

Pertama, teratur. Oom menyarankan sebaiknya kamu punya folder (map atau kotak kardus) untuk tiap mata ajaran. Pada satu sisi halaman, letakkan semua pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakan dan diserahkan. Di sisi sebelahnya, simpan semua PR yang telah diperiksa gurumu, hasil ulangan dan ujian, serta bahan-bahan pelajaran. Simpan semuanya, paling tidak sampai akhir semester.

Kamu akan melihat betapa pentingnya mengatur semua kertas-kertas itu. Seminggu sebelum ulangan atau ujian, sebaiknya kamu meminta kisi-kisi ujian kepada gurumu. Tetapi, jangan menjadi murid yang rewel di setiap pertemuan dengan bertanya, “Apa pelajaran ini akan diujikan?” Itu hanya akan membuat jengkel gurumu.

Kalau guru belum membuat penuntun belajar (kisi-kisi), kamu bisa bertanya “Apa yang harus kuketahui untuk ujian nanti?” Seringkali para guru akan memberitahu dengan persis apa yang harus kamu ketahui dan bisa didapatkan di mana saja. Tuliskanlah apa yang dikatakan gurumu itu.

Untuk ulangan matematika: Kerjakan soal-soal di akhir bab atau contoh soal ulangan. Kalau kamu bisa menyelesaikan soal-soal ini berarti kamu memahami konsep-konsep paling penting di bab tersebut dan mustinya akan mendapatkan hasil baik dalam ulangan nanti.

Juga untuk ulangan matematika: Kerjakan kembali tiap soal PR yang tidak terjawab. Pastikan kamu memahami di mana kekeliruanmu ketika pertama kali mengerjakannya.Mintalah guru untuk menjelaskan tiap soal yang masih belum bisa kamu selesaikan.

Untuk Ulangan Ilmu-ilmu Sosial atau IPA: Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada di akhir bab.  Sering kali, kamu akan menemukan pertanyaan-pertanyaan yang persis sama pada saat ujian nanti! Paling tidak, kamu akan memiliki pemahaman luas mengenai konsep-konsep dan ide-ide dasar paling penting dari bab tersebut.

Periksa Kembali, Mengatur & Menulis Ulang Catatanmu: Periksalah catatanmu sejak ulangan terakhir. Apakah rapi? Apakah masuk akal? Apakah ada cara yang lebih baik untuk mengorganisir catatan itu? Sebagai contoh, dapatkah ide-ide tertentu dikelompokkan bersama-sama? Bisakah dibuat satu halaman khusus tentang tanggal-tanggal dari peristiwa penting dan satu halaman lain mengenai tokoh-tokoh penting? Salah satu cara terbaik untuk memasukkan dan menarik kembali mendapatkan informasi ke/dari dalam kepalamu adalah dengan mengaturnya dan menuliskannya. Karena itu, tulis ulang catatanmu dengan rapi.

Periksa Kembali, Mengatur & Menulis Ulang Bahan-bahan dari Guru:  Jika gurumu bersusah payah mengkopi sesuatu untuk dibagikan kepada muridnya, tentulah dia anggap hal itu sangat penting untuk kamu ketahui. Bukan asal-asalan. Lihatlah kembali bahan-bahan yang diberikan gurumu. Apakah kamu sudah memahaminya? Tentu jangan bikin kembali bahan-bahan yang sama. Bagaimana kalau kamu membuat satu halaman berisi informasi-informasi paling penting dari bahan-bahan tersebut?

Ketahui definisi dari semua kosa kata, konsep, ide-ide, tokoh, dll yang telah diperkenalkan sejak ulangan terakhir. Ini adalah kata-kata terpenting dalam sebuah bab. Kadang-kadang, perlu juga membuat daftar “kata-kata penting” atau “tokoh yang perlu diketahui.” Tulis ulang semua kata ini dan pastikan sudah mencakup semua kata/konsep yang sudah didefinisikan oleh gurumu.

Menghafal. Kamu akan takjub melihat betapa banyak informasi yang kamu ketahui setelah mengatur catatanmu dan mencari kata-kata pentingnya. Meskipun begitu, kamu tetap harus meluangkan waktu cukup banyak untuk menghafalkannya. DB

Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D

Untuk konsultasi, permintaan seminar-training, dan mengikuti “Aura-Graphology Psychodiagnostics,” hubungi Intan di 0813-1641-0088.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s