MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

Tanya: Bagaimana meningkatkan perkembangan sosial anak yang sehat?

Jawab: Setiap hari, ada banyak kesempatan untuk menerapkan metoda yang positif dalam menjadi orangtua, yang disebut “Nyaman, Bermain dan Mengajar.” Contoh-contoh berikut ini menunjukkan bagaimana Anda bisa mendukung perkembangan sosial bayi dan balita Anda sambil Anda mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga.

Untuk Bayi

  • Kalau Anda menuntaskan tugas-tugas rumah tangga dengan mengajak bayi Anda, ia acap mendapat banyak perhatian dari orang-orang di sekitar Anda. Ia melihat banyak wajah dan mendengar suara-suara baru; jadi pastikan untuk bicara kepadanya dan selalu dekat dengannya agar ia merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Ini akan membantunya mengembangkan rasa aman dan memberinya kepercayaan diri menghadapi lingkungan dan wajah-wajah yang belum diakrabinya.
  • Anda juga akan menemukan kalau bayi Anda tertarik kepada bayi-bayi lain yang Anda temui sepanjang jalan. Jangan ragu untuk berhenti dan biarkan bayi Anda berinteraksi dan bermain dengan mereka. Mereka bisa “bersosialisasi” dengan konta mata dan berkomunikasi melalui suara dan gerak tubuhnya.
  • Jika Anda meninggalkan rumah dan kembali, ucapkan “Selamat tinggal” dan “Halo” atau salam lainnya kepada semua anggota keluarga. Setelah beberapa lama, hal ini mengajarkan kepada bayi Anda bahwa ia selalu disambut kembali oleh keluarganya. Ketika besar nanti ia akan mempercayai keluarganya untuk kembali lagi jika bepergian.
  • Untuk Balita
  • Pujilah balita Anda karena tingkah baiknya saat Anda keluar bersama di tempat umum. Misalnya, saat Anda berada di bank, katakan seperti, “Mama bangga kepadamu karena kamu sabar menunggu di antrian.” Ini akan memberi rasa nyaman pada dirinya dan membantunya merasa hebat atas kecakapannya.
  • Buatlah bermain sebagai bagian dari tugas sehari-hari Anda. Misalnya dengan pergi ke taman dekat rumah atau mengundang orangtua dan anak lain untuk bermain bersama sehingga anak Anda bisa berinteraksi dengan anak-anak lain dalam lingkungan yang berbeda-beda. Ini akan membuat tugas sehari-hari Anda lebih menyenangkan bagi Anda berdua dan sekaligus anak Anda belajar bersosialisasi.
  • Kegiatan di luar rumah bersama balita Anda penuh dengan kesempatan untuk mengajari anak Anda menghargai batasan dan mematuhi aturan. Ingat bahwa anak-anak lebih mungkin bekerjasama dan mengikuti permintaan Anda jika Anda mengajarnya dalam cara positif. Misalnya, dengan mengatakan seperti “Ayo sayang, pegang tangan Mami kalau berjalan di trotoir” daripada “Tangan Bunda jangan dilepas!”

Untuk Anak Prasekolah

  • Beri anak Anda tanggung jawab istimewa, seperti memilih buah apa yang hendak Anda beli. Dengan membiarkan anak Anda mengungkapkan kemandiriannya akan membuatnya merasa nyaman. Ini akan membentuk rasa percaya dirinya.
  • Bila Anda pulang ke rumah, bermain pura-pura lah dengan anak Anda untuk memberinya peluang mengeksplorasi dengan lebih rinci sebagian tugas rumah tangga Anda. Sebagai contoh, bergantian berpura-pura menjadi petugas kantor pos dan pelanggan. Ini akan membantu anak Anda memikirkan apa yang akan ia katakan dalam situasi tersebut. Dengan begitu ia berlatih beragam interaksi sosial.
  • Ajari anak Anda beberapa kecakapan pro-sosial yang berharga. Mintalah ia membawakan tas kecil Anda, membantu mengawasi adik kecilnya, dan meletakkan kembali mainan atau botol jus buah yang habis dipakainya, serta memilah-milah pakaiannya yang telah kering untuk Anda seterika.DB

Dr. Dono Baswardono, AISEC, MA, Ph.D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s